Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pages

Pantai Muncar


Muncar adalah pelabuhan terbesar ke dua setelah bagan sapi-api. Di jawa timur, muncar adalah pelabuhan terbesar. Pemandangan aktivitas nelayan di pelabuhan dapat dilihat setiap hari. Ada berbagai jenis perahu nelayan, naik yang tradisional maupun yang modern dengan berbagai hiasan dan ornamen. Untuk mencapai muncar sangat mudah, sebab tersedia kendaraan umum menuju pantai.
Muncar terletak di sebelah selatan kota banyuwangi. Setiap bulan suro selalu diadakan perayaan petik laut. Yang sudah ada sejak berkembanganya luhpang-pang menjadi ousat kegiatan penangkapan ikan. Awalnya, upacara ini diadakan berdasarkan pranatamangsa, tetapi kini di selenggarakan setip bulan suro.
Pekik laut muncar merupakan kegiatan yang sacral. Dalam prosesinya, miniature perahu penuh saji, seperti kepala kambing , bermacam kue, buah-buahan, pancing emas, opium dan 2 ekor ayam hidup, dilarung ka laut. Pada malam persiapan sesaji di perahu miniature, banyak orang tidak tidur semelam suntuk. Beberapa dari mereka membaca kitab suci Al-Qur’an. Pagi hari nya sebelum di larung ke laut, perahu miniature di arak keliling desa, istilahnya di sebut dengan idher bumi. Usai prosesi upacara petik laut, masyarat kembali ke pantai. Banyak orang yang mandi, dengan harpan agar shang Hyang iwak, dewi laut member berkah kepada mereka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar